oleh

Viral! Youtuber Calon Sarjana Curi Konten Youtuber Luar Negeri

Detikpelangi YouTuber bernama Calon Sarjana menjadi sorotan publik setelah kepergok mencuri konten milik YouTuber luar negeri bernama JT.

Hal ini terbongkar setelah JT membuat sebuah utas di Twitter lewat akun @JTonYouTube dan mengeluhkan soal salah satu YouTuber dari Indonesia yang ternyata mengklaim semua konten-konten miliknya.

Baca Juga:   Pesawat Terbesar di Dunia Akhirnya Pindah Pemilik

Curi Konten YouTuber Luar Negeri, YouTuber Calon Sarjana Dihujat Usai Bikin Malu Indonesia

Cuitan itu dibuat JT pada Rabu (6/11/2019) dengan nada sedikit menyindir dengan menunjukkan tampilan thumbnail yang dicuri oleh kanal YouTube Calon Sarjana.

“12,4 juta subscriber dan dia mencuri thumbnails-ku. Dia sama sekali tidak memiliki ide apapun. LMAO,” tulis JTonYouTube.

Baca Juga:   Cara Ambil Uang di ATM Cuma Pakai Smartphone

Sindiran sarkas juga ditulisnya dengan menyebut Calon Sarjana sebagai salah satu akun YouTube paling besar di Indonesia yang menambah betapa ironisnya kejadian plagiarisme ini.

Curi Konten YouTuber Luar Negeri, YouTuber Calon Sarjana Dihujat Usai Bikin Malu Indonesia

Tak lama, cuitan ini ternyata memancing reaksi dari Calon Sarjana. Lewat akun Twitternya juga dia menyatakan telah mengaku salah terkait kasus pengambilan konten tanpa izin tersebut.

“Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube ‘JT’ @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan,”

Baca Juga:   Pengguna iPhone 5 dan 4S Terancam Tak Bisa 'Internetan'

Jika ditelisik, ternyata ada sekitar puluhan konten milik JT yang terbukti diambil dan diunggah ulang oleh Calon Sarjana lewat kanal YouTubenya.

Calon Sarjana pun mengaku telah menghapus seluruh konten-konten tersebut dan tidak akan mengunggahnya kembali di kanal mereka demi mencari keuntungan.

Curi Konten YouTuber Luar Negeri, YouTuber Calon Sarjana Dihujat Usai Bikin Malu Indonesia

Calon Sarjana Disebut Telah Memalukan Indonesia

Sutradara yang juga komika nasional, Ernest Prakasa juga menyoroti kejadian pencurian karya yang dilakukan Calon Sarjana.

Dia menilai kejadian semacam itu sudah membuat malu negara Indonesia yang sedang menyongsong era industri 4.0 di masa depan.

“Dulu Dagelan udah nyomot2 konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara. Bangke amat,” tulis Ernest dikutip dari akun Twitter miliknya @ernestprakasa, Kamis (7/11).

Baca Juga:   Realme Q Dirilis, Bawa 4 Kamera Harga Rp 1,9 Juta

YouTuber Calon Sarjana sendiri memang bukanlah kanal YouTube sembarangan, dirinya menjadi salah satu YouTuber yang cukup terkenal di Indonesia karena memiliki jumlah subsrciber terbanyak setelah Atta Halilintar dan Ria Ricis.

Tak heran kasus pencurian konten yang dilakukan oleh Calon Sarjana membuat banyak orang memberikan reaksi negatif pada akun medsos yang berada di bawah perusahaan INFIA itu.

Baca Juga:   Telah Update Fitur Baru Dari Instagram

Semoga kejadian ini bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat Indonesia agar bisa selalu berpikiran kreatif dan tidak mencari keuntungan dengan melakukan plagiarisme karya orang lain.

Bukan hanya bisa bikin malu diri sendiri, tapi juga bisa bikin malu satu negara kalau ternyata yang dicuri adalah YouTuber ternama dunia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed