oleh

Yuk Cari Tau Makanan Pencegah Stroke

Detikpelangi – Sejumlah makanan diketahui memiliki khasiat untuk kesehatan. Termasuk di antaranya sebagai salah satu cara untuk mencegah stroke.

Stroke menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit yang umumnya disebabkan oleh tekanan darah tinggi ini dapat terjadi pada siapa saja.

Sejumlah makanan dipercaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit stroke.

Baca Juga:   Susu hingga Permen, Hindari 4 Makanan Ini Saat Menstruasi

“Tekanan darah tinggi yang tak terkontrol menjadi faktor risiko utama stroke. Pola makanan kaya buah dan sayur dapat membantu mengontrol tekanan darah,” ujar ahli nutrisi Erin Holley, mengutip Eat This.

Berikut adalah daftar makanan dengan kandungan senyawa tepat yang dipercaya dapat membantu menurunkan risiko stroke.

POTASIUM
Potasium menjadi salah satu mineral penting yang bertanggung jawab untuk mengontrol tekanan darah. Sebuah studi menunjukkan, konsumsi potasium yang tinggi dapat menurunkan risiko stroke hingga 24 persen.

Orang dewasa membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium harian. American Heart Association menyebutkan, asupan potasium yang rendah berkorelasi dengan tekanan darah tinggi.

Baca Juga:   Sehat Mana Suka Pakai Bra atau Tidak? Ini Menurut Dokter

1. Aprikot kering
Satu cup aprikot kering mengandung sekitar 1.511 miligram potasium. Angka ini setara dengan 32 persen dari kebutuhan potasium harian.

2. Alpukat
Satu cup alpukat mentah mengandung sekitar 1.116 miligram potasium. Satu cup alpukat dapat memenuhi 24 persen kebutuhan potasium harian.

Tak hanya menjadi cara untuk mencegah stroke, kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat juga dapat membantu mengontrol kolesterol tubuh.

“Menjaga angka kolesterol dapat menurunkan risiko gangguan kardiovaskular, salah satunya stroke,” ujar Holley.

Ilustrasi. Potasium dalam kentang dapat membantu mencegah stroke. (couleur/Pixabay)

3. Kentang
Sebutir kentang berukuran medium tanpa kulit dapat memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan potasium harian.

LIKOPEN
Seperti karotenoid, likopen kaya akan kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat menjadi cara untuk mencegah stroke.

Sebuah analisis yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology menemukan, mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen lebih kecil kemungkinan mengalami stroke.

Baca Juga:   Punya Fobia Badut? Kamu Tak Sendiri, Deretan Seleb Ini Juga Mengalami

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed